Wednesday, October 12, 2011

Batik Salem Terus Hidup


Radartegal.com : SEMENJAK batik ditetapkan sebagai warisan budaya dunia karya bangsa Indonesia oleh Unesco, mempengaruhi penjualan batik tulis di sentra perajin batik Desa Bentar, Kecamatan Salem. Warwin Sunardi salah seorang perajin sekaligus pegiat batik Salem mengatakan, setelah penetapan itu permintaan terhadap kain batik tulis asal daerahnya semakin meningkat.

"Terlebih semenjak batik mendapat penghargaan dari Unesco, maka pemerintah daerah juga memberikan ruang bagi perajin dalam mempopulerkan dengan jalan menjadikan batik sebagai salah satu seragam di lingkungan pemerintahan," kata Marwin.

Dikatakan pria yang saat ini menaungi 300 perain di Desa Bentar, perhatian Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dekranasda baik di lingkup pemerintah Kabupaten Brebes maupun Provinsi Jawa Tengah semakin terasa dan lebih intens.

"Kami diberi kesempatan untuk turut serta dalam serangkaian pameran, selain itu juga diberikan pelatihan dengan melibatkan balai batik Yogya beberapa waktu lalu," imbuhnya. Menurut dia, semangat perajin semenjak itu juga semakin bertambah. Hal tersebut ditunjukkan dengan mengembangkan aneka motif baru khas Brebesan.

"Totalnya sekarang ini terdapat 60 motif lama, dan 3 motif baru yang sedang dikembangkan," ujar Warwin. Selain itu, Warwin juga merasa sangat terbantu dengan disalurkannya bantuan kompor listrik dari Pemkab Brebes. Di mana dengan menggunakan kompor tersebut para perajin tidak lagi terkendala dengan tingginya pengeluaran untuk bahan bakar.

"Kita sangat terbantu, selain lebih ekonomis dengan kompor listrik para perajin juga terlepas dari beban biaya bahan bakar, seperti yng sudah bertahun-tahun sebelumnya dirasakan," kata Warwin. Dia berharap, dengan tingginya perhatian dari pemerintah saat ini akan semakin tumbuh dan berkembang sebagai salah satu warisan budaya di Kabupaten Brebes. "Batik Brebesan harus tetap ada. Tumbuh dan berkembang sebagai salah satu budaya yang kita miliki," pungkasnya. (pri)

No comments:

Post a Comment

Photobucket