Tuesday, December 4, 2012

Wisata Budaya Brebes

Telur Asin
 
Makanan asli produk Kabupaten Brebes yang sudah terkenal di Pulau Jawa ini, cocok disuguhkan untuk pendamping nasi atau dilahap langsung sebagai penahan lapar.
 
Selain itu, makanan yang dibuat dari telur itik juga cocok sebagai bahan oleh-oleh karena selain mudah dibawa juga mempunyai rasa yang lezat dibanding telur kebanyakan yang diproduksi oleh warga daerah lain. Proses pembuatan telur asin ini, pertama dibubuhi arang merah yang telah diberi garam, Setelah beberapa hari, garam akan meresap ke dalam telur melalui dinding kulit telur itu siap dimasak.
 
 Untuk memanjakan selera penikmat makanan ini, produk telur akan dibuat dalam dua jenis, yaitu dipanggang dan direbus yang dua-duanya mempunyai kekhasan rasa sendiri.
Produk telur asin ini bisa diperoleh oleh masyarakat di sepanjang jalur pantura dan Kota Brebes.

Sakral Rebana
Kesenian ini berkembang sejalan dengan perkembangan agama Islam. Pada kesenian ini juga disuguhkan lagu-lagu dakwah dan keimanan serta mengajaka masyarakat berbuat kebajikan.

Rebana
Produk unggulan Kabupaten Brebes yang sudah merambah ke pasar ekspor, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Arab Saudi ini dibuat perajin di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu. Rebana (terbang) biasanya digunakan masyarakat pada saat acara tertentu, seperti perayaan khitanan, pernikahan, dan perayaan hari besar Islam.

Kerajinan keramik yang cukup pesat dengan aneka design ini cocok untuk menambah kondisi ruangan rumah bertambah asri karena banyak mempunyai model dan warna cerah dan germerlap.

Bandeng Lumpur
Bandeng lumpur merupakan makanan khas Brebes wilayah utara, tepatnya di Kecamatan Randusanga. Makanan pendamping nasi ini terbuat dari bahan ikan bendeng yang berkualitas bagus.Para pencinta masakan tentunya akan dibuat penasaran menikmatinya, karena mekanan lauk ini dalam proses pembuatannya menggunakan lumpur pilihan yang kemudian dibakar.
 
Bandeng lumpur ini akan makin menambah perut keroncongan jika masakan lauk ini disajikan dengan sambal dan lalapan, seperti pete, kol, dan sejenisnya.

Soto dan Sate Blengong
Makanan khas Brebes ini, mempunyai rasa yang berbeda dengan soto dari daerah lain karena mempunyai aroma bahan taucho (Kedelai dan bumbu bahan makanan lain yang direbus bersama). Sedangkan sate Blengong ini biasanya disajikan bersama ketupat dengan kuah/ bumbu sate yang kental sehingga makanan ini akan menggugah perut makin keroncongan.

Tape Ketan Daun Jambu
Tape ketan daun jambu ini kebanyakan disajikan bersama es campur. Tape yang terbuat dari beras ketan dan dikemas dengan menggunakan daun jambu akan menambah aroma dan rasa sehingga akan menggugah selera manusia, apalagi saat setelah bekerja keras dan berolah raga.

No comments:

Post a Comment

Photobucket