Tuesday, December 4, 2012

Mengenal Fungsi Kemasan

Kemasan merupakan suatu kegiatan merancang dan memproduksi suatu bungkus atau wadah sebuah produk yang meliputi desain bungkus dan pembuatan bungkus produk tersebut. Tujuan dibuatnya yaitu untuk menjaga sebuah produk agar tetap dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan.Pada produk pangan, kemasan dibuat untuk melindungi makanan dan minuman dari kontaminasi luar (zat-zat yang dapat merusak rasa, bentuk dan keamanan) serta meningkatkan nilai jual dari produk.

Kemasan mempunyai peranan penting, diantaranya : sebagai tanda pengenal identitas produk, penghias produk, piranti monitor, media promosi dll.

Fungsi Kemasan Terhadap Nilai Jual
Sebagai media komunikasi yang menerangkan atau mencerminkan produk, citra merek, dan juga sebagai bagian dari promosi, dengan pertimbangan mudah dilihat, dipahami dan diingat. Berbagai pertimbangan agar kemasan mudah dibawa atau dipegang, dibuka, dan mudah diambil/dihabiskan isinya.

Keindahan merupakan daya tarik visual yang mencakup pertimbangan penggunaan warna, bentuk, merek atau logo, ilustrasi, huruf dan tata letak, untuk mencapai mutu daya tarik visual secara optimal.

Secara keseluruhan, kemasan harus berbeda dengan kemasan lain, yakni memiliki identitas produk agar mudah dikenal dan membedakannya dengan produk-produk yang lain.
Perhitungkan biaya produksi yang efektif termasuk pemilihan bahan, sehingga biaya tidak melebihi proporsi manfaatnya.

Mudah didistribusikan dari pabrik ke distributor atau pengecer sampai ke tangan konsumen. Ditingkat distributor atau pengecer, kemudahan penyimpanan dan pemajangan perlu dipertimbangkan.

Fungsi Kemasan Terhadap Kualitas Produk
Melindungi produk terhadap berbagai kemungkinan yang dapat menjadi penyebab timbulnya kerusakan pada produk misalnya:  cuaca, sinar, jatuh, tumpukan, kuman, serangga dll
Menjaga produk agar tidak tercecer terutama produk cair, pasta dan butiran  selama proses distribusi dari produsen hingga ke tangan konsumen.

Desain dan Bentuk Kemasan
Bentuk dan struktur yang unik memberikan identitas produk, meskipun struktur kemasan dibuat darimetal, paperboard, gelas atau plastik, bentuk kemasan senantiasa berperan penting dalam menarik perhatian konsumen. Bentuk kemasan sangat mendukung terciptanya seluruh daya tarik visual . Namun tidak ada prinsip baku yang menentukan bentuk fisik dari sebuah kemasan karena ini biasanya ditentukan oleh sifat produk itu sendiri, pertimbangan mekanis, kondisi penjualan, pertimbangan system display, serta cara penggunaan kemasan tersebut.

Struktur kemasan harus memiliki kegunaan yang meliputi faktor ergonomis seperti mudah dibawa, mudah dikeluarkan isinya dan dapat ditutup kembali. Juga memberikan kemudahan pda penumpukan, distribusi dan persyaratan dalam penjualan. Jika kemasan yang dirancang ingin tampak berbeda dengan yang lain, maka dibutuhkan desain kemasan yang unik dank has. Jika tidak, kemasan yang dibuat akan sama saja dengan ribuan bentuk kemasan lainnya.

Setiap produsen harus mempertimbangkan sifat-sifat fisik dan kimiawi sebuah produk yang akan dikemas sebelum mencari bahan kemasannya. Pemahaman yang menyeluruh tentang produk secara langsung menunjukan jenis bahan kemasan yang digunakan.(A.Syaripudin)
Sumber: Modeblad Kemasan (Teknologi Pengemasan dan Pelabelan) Dit PHP

No comments:

Post a Comment

Photobucket